Minggu, 21 Juli 2013

RESEP RAWON

RESEP RAWON

Rawon lebih dikenal dengan nasi rawon, maklum sayur berkuah dengan bahan daging plus bumbu khasnya, Kluwek ini lebih enak disantap dengan nasi. Resep Rawon ini berasal dari daerah Jawa Timur, namun terkenal juga sampai jawa tengah bagian timur seperti Surakarta. Daging pada Rawon pada umumnya dipotong kecil dan kuahnya berwarna gelap serta rasanya yang indonesia banget membuat resep ini banyak dicari orang.

Untuk mencari Rawon didaerah jawa timur memang cukup mudah karena banyak dijumpai penjualnya, namun untuk didaerah lain sepertinya sudah jarang apalagi luar jawa. Kuncinya cari Kluwek, kalau ada berarti bisa masak rawon yang komposisinya mulai dari bahan yang diperlukan, bumbu-bumbu dan cara membuat rawon kami sajikan berikut ini.

Bahan yang diperlukan

300 gram daging pilih yang agak berlemak (gajih = kata orang jawa)

tauge pendek warna putih yang masih muda
4 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

1 batang serai dimemarkan

2 centimeter lengkuas atau laos yang dimemarkan

garam dan merica secukupnya

6 gelas air

Bumbu yang dihaluskan:

4 butir bawang merah

2 siung bawang putih

4 butir kemiri

5 buah kluwek, diambil isinya

2 buah cabai merah

Cara Membuat Rawon

1. Potong daging sapi menjadi kotak-kotak kecil. Panaskan 2 sendok makan minyak dan tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan garam dan merica
secukupnya.

2. Panaskan enam gelas air dalam sebuah panci masukkan bumbu yang telah ditumis, masukkan daging dan rebus hingga masak atau daging cukup empuk.Apabila air berkurang,tambahkan sesuai selera.

3. Hidangkan bersama nasi hangat dan taburi tauge.

4. Jika anda penikmat sambal jangan sampai ketinggalan. Rasa pedas akan menambah
selera makan anda.

Selamat menikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar